indahnya berserah

Yesus.HKY

MUJIZAT ITU NYATA

7 Komentar

 Kisah ini kualami sekitar 4,5 th yang lalu ketika aku akan menghadapi ujian skripsi untuk mengakhiri tugas studiku. Masa tugas studi adalah masa-masa yang penuh pergulatan namun indah untuk dikenang kembali. Kuawali tugas ini dengan rasa kecil hati dan rasa minder. Aku harus mendaftar dan mengikuti tes penerimaan mahasiswa selama 2 kali, untuk bisa diterima sebagai mahasiswa di fakultas Psikologi di suatu Universitas swasta yang cukup terkenal. Usiaku waktu itu sudah 31 th. Waktu tes penerimaan yang pertama aku tidak diterima. Dewan Pimpinan Provinsial masih memberiku kesempatan untuk mendaftar lagi. Akhirnya setelah tes yang ke-2 aku diterima di fakultas Psikologi. Berbekal ketekunan dan kerendahan hati untuk bertanya dan bekerja sama dengan teman-teman mahasiswa dan para dosen, aku bisa melalui masa studi ini dengan baik.


Mujijat itu nyata, itu kualami ketika aku mengakhiri masa studiku. Beberapa hari menjelang ujian skripsi, rasanya aku kehilangan harapan untuk bisa lulus dari ujian skripsi ini dengan hasil yang baik. Hal ini disebabkan oleh “pribadi”salah satu dosen penguji yang bisa memungkinkan aku tidak lulus dalam ujian tersebut, atau kalaupun lulus dengan banyak koreksi. Bahkan dosen pembimbingku mengatakan bahwa dia tidak bisa banyak membantu kalau “dosen itu” yang menjadi pengujiku. Dosen pembimbingku minta agar aku lebih tekun berdoa, dia juga akan membantuku dengan doa. Tiga hari berturut-turut aku berdoa novena tengah malam. Hanya satu yang kuminta yaitu supaya Tuhan memberikan kebijaksanaan kepada para dosen penguji sehingga obyektif dalam menguji skripsiku.

Saat ujian tiba, aku cukup tegang, para dosen penguji sudah siap di ruang ujian. Saya diminta untuk keluar ruangan karena mereka akan rapat sebentar. Setelah aku keluar, kulihat teman-teman yang menungguiku ujian di luar ramai memperbincangkan sesuatu. Aku baru tahu dari teman-temanku, kalau dosen penguji yang membuatku “tegang” itu, tiba-tiba mengundurkan diri dan tidak sanggup untuk menguji skripsiku karena tidak siap. Ujian diundur 30 menit karena harus mencari pengganti dosen penguji. Akhirnya wakil dekan bersedia menjadi dosen pengujiku. Tak kuduga ujian berlangsung dengan baik dan lancar, bahkan aku tidak merasakan kalau sedang melaksanakan ujian akhir skripsi. Salah satu dosen mengatakan bahwa kejadian seperti yang kualami ini (dosen penguji mengundurkan diri dengan tiba-tiba, pada saat semua sudah siap), baru pertama kali terjadi di fakultas Psikologi ini. Beliau lalu bertanya padaku,”Menurut suster, kejadian seperti ini karya siapa?” Jawabku, “Karya Roh Kudus, Pak” Ya, aku percaya ini karya Roh Kudus yang mendengarkan doa-doaku dan doa para suster yang mendoakanku menjelang dan pada waktu ujian skripsiku. Pada akhir ujian para dosen penguji mengatakan, “Terima kasih suster, kami seperti baru dari surga.” Aku memang merasakan suasana selama ujian skripsiku tidak seperti ujian, kami banyak berdialog tentang kasus-kasus dalam hidup membiara sesuai dengan thema skripsiku.

Peristiwa ujian skripsiku ini semakin menguatkan iman kepercayaanku bahwa Tuhan sungguh mencintai orang yang sungguh berharap padaNya, memberikan yang terbaik dan tepat pada waktunya. Setelah peristiwa ujian akhir itu, aku selalu menyemangati teman-teman yang akan maju ujian untuk tekun berdoa dan berusaha. Tuhan sering kali memberikan rahmat yang kita butuhkan tepat pada waktunya dan kadang tidak bisa kita mengerti dengan akal budi kita. Sebagai orang yang beriman kepada Tuhan yang sungguh mencintai umatNya, tidak ada kata putus asa dalam menghadapi hal-hal yang sepertinya tidak ada jalan keluarnya. Mujizat itu nyata dan bisa kita alami dalam berbagai peristiwa hidup kita, asal kita percaya kepadaNya.

7 thoughts on “MUJIZAT ITU NYATA

  1. Wah Suster sekarang jadi blogger juga… nice artikel Sus… Aku kok baru tau cerita ini ada dosen yang takut menguji skripsinya Suster, kira2 beliau siapa Sus? PM ya hehehehe… Padahal dl waktu aku ujian skripsi malamnya malah tidur wkwkwkwk.

  2. Terima kasih. Betul mas Anto untuk menyalurkan bakat menulis, kunjungi blog ini ya … Wah rahasia siapa beliau, nggak enak kalau diketahui umum hehehe… Mia dkk yang tahu siapa beliau…

  3. mantaps suster, cerita yang indah dan patut dikenang.
    btw, waktu malam menjelang ujian skirpsi ngapain saya yach,, seingatku tegangnya bukan waktu H-1 tapi H-7 sampe H-2 karena baru nemu hal hal aneh yang bisa jadi bumerang utk skripsiku,,, hehe klo H-1 mah udah diujung tiang gantung, gak mungkin menghindar lagi, jadi hajar aja, Puji Tuhan hasilnya maksimal hehehe,,,
    Thx suster, udah mengiatkanku masa indah itu,,,

    Setuju, karyaNya tak terduga, namun yang pasti Indah pada waktu Nya🙂

  4. Terima kasih mas Nanang… pengalaman indah untuk mengakhiri tugas studiku. Tegangku juga sejak H-7, sejak tahu siapa saja dosen pengujiku… tak kuduga dan tak kukira semua terjadi begitu indahnya… ndherek Gusti itu mmg selalu terjamin, meski jaminan itu kadang harus dilalui dengan susah payah, tetapi ada kepastian… Indah pada waktunya.

  5. what a blessing!!! Thank you buat artikelnya Suster Hedwig….😀

  6. you are welcome Anny… indahnya mengenang saat kita studi bersama dulu…

Tinggalkan Balasan

