indahnya berserah

chikenpox1

CARA TRADITIONAL MENGHILANGKAN BEKAS CACAR DI WAJAH

70 Komentar

Mentimun1Aku tergerak untuk menulis tentang cara traditional menghilangkan bekas cacar air di wajah, karena kulihat tulisanku yang berjudul: “Usia sudah hampir kepala 4 masih terkena cacar air” hampir setiap hari ada pengunjung blog yang membacanya. Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang saat ini sedang menderita cacar air.

Hampir setahun yang lalu aku menderita sakit cacar air. Tulisanku kali ini tentang pengalaman bagaimana cara perawatan terbaik sesudah terkena cacar air. Tentu banyak dari kita yang tidak menginginkan bekas hitam cacar air melekat di wajah. Sebenarnya hal ini tidaklah penting bagiku, aku tidak terlalu merisaukan bekas ini, tetapi kalau bisa diusahakan dengan cara sederhana, mengapa tidak kuusahakan? Selama diisolasi di kamar karena penyakit ini, aku mempunyai banyak kesempatan untuk mencari informasi tentang cacar air via internet. Salah satunya adalah cara menghilangkan bekas cacar air di wajah. Menarik sekali, karena ternyata caranya sederhana dan murah.

Selama hampir 1 bulan aku menderita cacar air, obat yang diberikan dari dokter hanyalah paracetamol. Berdasarkan informasi yang kuperoleh dari internet, aku berusaha melakukan yang terbaik dalam proses penyembuhan dari penyakit ini. Berusaha makan, minum dan istirahat cukup untuk menjaga kondisi fisikku. Menjaga kebersihan juga obat yang baik untuk penyakit ini. Meski ada pendapat yang mengatakan bahwa selama menderita cacar air dilarang mandi, tetapi menurut pengalamanku setiap hari mandi dengan hati-hati dengan menggunakan sabun antiseptik dan menggunakan bedak menthol untuk mengurangi rasa gatal sangatlah membantu untuk mempercepat proses penyembuhan. Usahakan agar benjolan tidak pecah selama mandi. Setiap hari mengganti baju, sprei dan sarung bantal. Segatal apa pun berusahalah untuk tidak menggaruk benjolan sehingga tidak menimbulkan luka. Biarkan benjolan itu mengering dan mengelupas dengan sendirinya. Memang, setelah itu tetap akan timbul bekas, tetapi bekas ini akan lebih mudah hilang jika dibandingkan dengan luka yang lebih dalam karena bekas garukan.

Dari informasi yang kuperoleh, ada beberapa cara sederhana untuk menghilangkan bekas cacar air ini. Salah satunya, yang bisa dengan mudah kuperoleh di Belanda sini dan harganya tidak mahal adalah mentimun. Mentimun mengandung vitamin C dan potasium yang baik untuk menangkal radikal bebas, tetapi juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan menyegarkan. Joel Schlessinger, MD, ahli kulit dari Omaha, Nebraska, menyimpulkan bahwa mentimun juga memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput. Tidak heran, banyak produk yang menggunakan mentimun sebagai bagian penting dalam perawatan kulit baik untuk mengencangkan, melembabkan kulit, mengatasi jerawat, dan bahkan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. (dari: http://www.deherba.com/7-cara-alami-terbaik-untuk-menghilangkan-bekas-luka.html).

Setelah kira-kira 2 minggu benjolan-benjolan di wajah, kepala dan badanku mulai mengering. Waktu itu aku tidak diperbolehkan keluar kamar selama 1 bulan karena takut kalau penyakitku ini akan menular ke suster yang lain. Maka untuk mengisi waktu luangku, kucoba untuk menggunakan mentimun ini. Caranya adalah haluskan mentimun, bisa dengan blender atau diparut. Lalu peras dan gunakan airnya untuk masker, atau bisa juga timun yang sudah halus itu dioleskan pada muka beberapa saat sampai mengering, setelah itu basuh muka dengan air bersih. Kadang kalau baru malas memarut, aku hanya memotong tipis dan menempelkannya ke muka khususnya ke bekas cacar yang ada. Hal ini kulakukan 2 kali sehari: siang dan malam sebelum istirahat. Selama kira-kira 1 bulan aku melakukan pengobatan traditional ini.

Hasilnya tidak begitu mengecewakan. Bekas cacar air itu tidak nampak di wajah. Beberapa teman tidak percaya bahwa belum ada setahun yang lalu aku menderita cacar air, karena bekas cacar itu sudah tidak terlihat lagi di wajahku. Bagi teman-teman yang belum membaca sharingku sebelumnya tentang penyakit cacar ini, silahkan buka: USIA SUDAH HAMPIR KEPALA 4 MASIH TERKENA CACAR AIR. Semoga tulisanku ini membantu teman-teman yang saat ini sedang menderita penyakit cacar air ini. Selamat mencoba, semoga Tuhan memberkati dan memberi kesembuhan!

70 thoughts on “CARA TRADITIONAL MENGHILANGKAN BEKAS CACAR DI WAJAH

  1. trims telah berbagi pengalaman dan ilmunya.

  2. Terima kasih untuk tanggapannya yang positif.

  3. terima kasih atas tipsnya.
    tapi saya memiliki pertanyaan, 2 tahun yang lalu saya terkena cacar air, karena gatal dan memang salah saya menggaruk cacar tersebut, sehingga ada satu bekas luka cacar air (bopeng/bolong) di dekat mata kanan saya. anehnya di bagian bahu (yang juga saya garuk) tidak meninggalkan luka bopeng/bolong.
    pertanyaan saya, apakah mentimun juga efektif untuk mengobati luka bopeng/bolong bekas cacar? apalagi ini sudah bopeng sejak 2 tahun yang lalu.
    mohon jawabannya dan sekali lagi, terima kasih.🙂

    • Terima kasih untuk tanggapannya. Pertanyaan ini sulit untuk saya jawab apalagi bekas lukanya sudah sejak 2 tahun yang lalu. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kulit yang tahu persis mengenai hal ini. Maaf kalau jawaban saya tidak membantu. Gbu.

  4. Trimakasih info nya..saya sedang terkena cacar air,usia saya 38 thn,sangat tidak nyaman sekali bnyk bintil2 di wajah,takut tidak bisa hilang bekas nya..saya akan coba tips nya yaa

    Skali lagi trimakasih

    • Kembali kasih dan selamat mencoba tips yang saya sharekan berdasarkan pengalaman pribadi ini. Memang sangat tidak nyaman ketika mengalami sakit cacar air, apalagi di usia seperti kita ini. Doa saya semoga cepat sembuh… Gbu.

  5. thank U infonya mba..

  6. thank u atas infonya, tapi saya mau nanya, apakah mentimun sebelum diparut mesti dikupas dulu ? terus, apakah harus mentimun jenis tertentu yang digunakan? thx.🙂

    • you are welcome. Menurut pengalaman saya, sebelum diparut saya kupas dulu.Semua jenis mentimun bisa digunakan. Saya tinggal di Belanda, jadi ya timun yang tersedia di toko yang saya gunakan.

  7. sy brumur 11 thun . sy kena cacar , klu makan ubat msti gatal2 knp ya

  8. saya mau nny kalau menghilangkan bopeng gimana ya??

    • Kalau sudah jadi bopeng biasanya sulit dihilangkan. Pengalaman saya waktu cacar air tidak sampai bopeng, jadi mudah kembali bersih. Sebaiknya hubungi dokter kulit untuk jawaban yang lebih baik, mungkin ada obatnya. Salam.

  9. aq mau nanya mbak, skrang ini aq lagi kena cacar air. ada yg bilang kalau orang yg kena cacar air mandinya gak usah pake sabun. Tpi informasi yg baru aq dapat kalau mandi hrus pake sabun antiseptik. mohon penjelasannya. trima kasih

    • Sabun antiseptik ini untuk mengurangi rasa gatal dan mempercepat proses pengeringan luka. Waktu terkena cacar air tubuh kita kan terkena virus, jadi mandi dengan sabun antiseptik penting untuk menjaga kebersihan badan sehingga mempercepat pengeringan luka. Semoga cepat sembuh. GBU. Salam & doa saya.

  10. Mba,skrg sy lg kena cacar air umur sy 28th,,, itu pas oles mentimun pas cacarnya udh kering ya?kl baru mulai gmn cara menanganinya? N seprti dikulit kepala sy bnyk bgt n terasa sakit wktu sisir rambut,kl utk dikulit kepala apa ada obatnya? Tq mba

    • Menurut pengalaman saya, setelah agak kering baru saya pakai mentimun. Saya tidak tahu kalau di Indonesia, selama saya sakit cacar air di sini (Belanda) dokter hanya memberikan obat paracetamol. Makan-minum dan istirahat yang cukup, serta menjaga kebersihan itu sangat penting selama sakit, baik kebersihan badan maupun lingkungan. Meski terasa sakit dan gatal, cobalah menahan diri untuk tidak menggaruknya karena akibatnya akan menjadi “bopeng” dan sulit untuk kembali seperti semula. Semoga lekas sembuh. Salam dan doa saya. GBU.

  11. Thank’s infox. Skrg sy sdg trkena cacar air kurang lebih sdh 3hri.
    Ada cacar yg tdk sengaja pecah. Bagaimana cara menanganix kalau sdh trlanjur pecah.
    Makasi sblmnya🙂

    • Maaf baru sempat balas. Kalau sudah terlanjur pecah, usahakan agar lesi (bintilan berisi air) itu mengering dan jangan digaruk. Bisa ditanyakan ke dokter apa obat/ salep utk lesi yg terlanjur pecah ini. Saya bukan dokter, jadi tidak bisa memberi saran obat apa yang bisa dipakai. Doa saya semoga cepat sembuh! GBU!

  12. saya berumur 15 tahun ,
    baru 2 hari yang lalu terkena cacar, tapi saya ga tau bila saya terkena cacar dan tetap saja saya mandi dan saya garuk..
    tapi skrg sudah tau bahwa itu cacar air..dan skrg sudah banyak cacarnya d tubuh saya
    dan sekrg saya takut bila cacar yang saya garuk kemarin itu akan menjadi bopeng
    apa ada solusi ?

    • Halo dik Kirana. Sebelumnya maaf kalau saran saya tidak banyak membantu karena saya bukan dokter. Tulisan saya ini berdasarkan pengalaman saya sakit cacar air. Saran saya, usahakan lesi (bintilan berisi air) yg sudah terlanjur pecah itu mengering, meski gatal jangan digaruk. Tanyakan ke dokter obat/ salep untuk lesi yg telah pecah ini. Saya dulu juga dapat salep dari dokter utk mengurangi rasa gatal dan cepat mengeringkan lesi, tapi saya lupa nama salep itu, lagi pula itu salep dari sini (Belanda), kalau di Indonesia saya nggak tahu. Doa saya semoga dik Kirana cepat sembuh. GBU!

  13. terimakasih🙂
    sekarang sudah sembuh.. namun masih tersisa bekas-bekas nya ni😦
    skali lagi trimaksih infonya..🙂 GBU too

    • Syukurlah, senang bahwa dik Kirana sudah sembuh. Bekas-bekasnya kalau tidak sampai bopeng, nanti pelan-pelan akan hilang kok… coba dipakai resep mentimun saya, biar lebih mempercepat proses pemulihannya. Salam kasih dari Belanda. GBU!

  14. Mbk saya mau nanya bulan kemaren saya terkena cacar air Dan banyak yang saya garuk Jdi hasilx bekas menghitam & bolong. Trus saya dikasi salep oleh dokter katanya bekas lubang g bisa hilng tpi tidk menghitam tpi sekarang salepx uda tinggl ½ koq belum hilang jg APA jika uda habis bisa diganti dgn mentimun akan bisa membantu menghilangkan bekas cacar yg amenghitam

    Trimakasi……….

    • Maaaf baru saya tanggapi sekarang. Menurut pengalaman saya bekas cacar memang tidak segera hilang. Bekas hitam itu akan pelan-pelan menghilang. Tapi saya tidak yakin utk bekas yang sudah bolong. Saya kira konsultasi lagi saja ke dokter… Meski sudah menggunakan salep dari dokter, ada baiknya juga menggunakan mentimun. Untuk saya resep tradisional ini cukup membantu. Semoga bekas lukanya cepat menghilang.

      salam saya

  15. Thank you informasinya…
    Tuhan Yesus berkati

  16. bekas cacar ku baru satu minggu .
    kira kira bisa ilang nda bekasnya?

  17. Mba ini saya dah 6 hari kena cacar dan di muka udah banyak yang kering , itu di pakein timun ya ? kalo yg masih basah gmn ?

    • kalau sudah mulai kering bisa pakai mentimun ini, lagi pula rasanya jadi dingin… kalau yang masih basah biarkan saja dulu sampai kering dan diusahakan tidak sampai pecah… Semoga cepat sembuh. Gbu. salam & doa.

      • mba waktu itu pasti ada bekasnya , walaupun g pecah & nglupas sndiri . Nah bekasitu ilangnya brp harian yah ??

      • Memang pasti ada bekasnya setelah pecah dan mengelupas… bekas yang tidak sampai “bopeng” (hanya menghitam) itu pelan-pelan akan hilang, kalau rajin dengan memakai mentimun seperti pengalaman saya akan mempercepat proses. Yang namanya proses alami tentu tidak bisa pulih dengan cepat… saya nggak tahu persis sampai berapa minggu/ bulan bekas itu hilang semuanya. Semoga bekasnya bisa hilang seperti yang diharapkan!

  18. kalau bekas cacarnya sudah cukup lama,apakah bisa menggunakan mentimun???

  19. mbak bagaimana kalau cacar yg kering lalu mengelupas tapi dia meninggalkan warna putih di kulit’y bukan menghitam apa untuk pengobatan’y sama menggunakan mentimun..????

    • Menurut saya yang penting lukanya kering dulu, baru bisa memakai mentimun untuk menghilangkan bekas yang tidak diinginkan. Maaf saya bukan dokter dan sharing saya ini berdasarkan pengalaman pribadi saja. Jadi untuk menjawab pertanyaan: apa bekas cacar yang menghitam atau berwarna putih bisa diobati dengan mentimun saya tidak berani menjawab ya atau tidak, untuk kepastiannya silahkan bertanya langsung ke dokter. Semoga cepat sembuh. Salam & doa.

      • Mbak saya lg kena cacar , udah mengering , diwajah saya ga di garuk tapi pas korengnya copot kok ada bopeng ya ? Pdahal gak di garuk ?

      • Yang dimaksud bopeng adalah bekas hitam ya? Yang saya maksud dengan bopeng adalah luka bekas cacar yang sampai bolong bekasnya. Cacar yang sudah mengering dan mengelupas pasti akan meninggalkan bekas dan bekas itu akan hilang perlahan-lahan. Coba pakai mentimun seperti pengalaman saya di atas. Semoga cepat sembuh dan pulih kembali.

  20. saya kena cacar air, waktu sudah kering, lukany asya garuk jadi membekas apa bisa dihilangkan ?

    • Menurut pengalaman saya luka yang tidak sampai bopeng/ bolong akan bisa menghilang perlahan-lahan… Coba dengan cara memakai mentimun seperti sharing saya di atas… Semoga cepat pulih kembali.

      • saya mengalami hal yang sama seperti #wahyu_mayalafayza tapi bekas bopeng nya itu di wajah … tips dengan memakan mentimun seperti di atas itu juga bisa menghilangkan bopeng yg di wajah yah ???

      • Kalau sampai bopeng/ bolong saya tidak yakin kalau akan bisa hilang dengan memakai mentimun… mentimunnya tidak dimakan ya, coba baca baik-baik tulisan saya di atas… Semoga cepat pulih kembali. Salam.

  21. kalau sudah bopeng kan pasti ada flek hitam, flek hitam itu bisa dihilangkan tidak?

  22. mba apakah harus satu bulan nunggu cacar nya ? . apakah bisa di percepat pengeringan nya ?

    • Proses penyembuhan/ pengeringan ini tergantung dari kondisi tubuh masing-masing. Pengalaman saya dulu 1 bulan itu sampai benar-benar bersih… Maka menjaga kebersihan dan menjaga kondisi badan tetap sehat dengan makan dan istirahat yang cukup sangat penting untuk proses penyembuhan/ pengeringan dari cacar.
      Semoga cepat sembuh. Slm & doa.

  23. di diemi nnya sampe berapa lama ya kalo boleh tau

  24. mbak kalo di badan pakee mentimun juga? kira kira sampe berapa lama?

    • wah saya nggak bisa jawab dengan pasti kirakira sampe berapa lama, karena cerita saya di atas hanya berdasarkan pengalaman. Kalau sabar pakai mentimun di badan juga baik karena rasanya dingin, sangat membantu untuk cuaca di Indonesia. Semoga lekas sembuh!

  25. Ping-balik: Bekas Luka Di Wajah

  26. Hai kak, umur saya 15 th. Uda 3 blnan bks cacar gak hilang2. Takutnya emang uda gak bisa hilang? Apa masih bisa pake cara diatas? Thx

  27. …. Ada juga yang bilang pakai daun bunga melati🙂 Semoga berhasil,,!!😀

  28. Mba sya sdah 1 bln kena cacar air,sbelumnya aku gk pakai obat,klo pkai mentimun ,apa masih biza hilang,,,,TQ

    • Silahkan dicoba saja, menurut pengalaman saya hilangnya memang agak lama, tapi yang sabar saja memakainya. Semoga bisa pulih kembali… Salam dan doa. GBU.

      • malem mbak saya kn px pcr ne dia terkena cacar air terus dia memakai mentimun tpi di saat cacar.a blum kering gmn tuh mbak bza sembuh kah nanti…
        GBU…. For kalimantan timur (y)

      • Maafff…. lama email ini baru saya balas. Bagus itu kalau memakainya sejak terkena cacar. Kalau waktu cacar tidak sampai pecah dan bopeng, menurut pengalaman saya akan cepat hilang bekas hitamnya. GBU.

  29. Ka aku 18 tahun, uda 1 bulan aku cacar, sekarang ada bekasnya ga bopeng sih tapi Muka aku bintik itam”. Bolehkah aku pakai mentimun??

    • Memakai timun adalah pengobatan tradisional yang tidak efek sampingnya. Kalau rajin nanti akan terlihat hasilnya, bintik2 hitam itu akan memudar. Semoga cepat pulih kembali. GBU.

  30. wow luar biasa…saat ini saya sedang giat mencari cara bagaimana merawat bekas luka setelah cacar air. sudah 1 minggu lebih saya menderita karena penyakit ini. Semoga tips ibu dapat menyelesaikan permasalahan saya. Terimakasih sudah berbagi…Salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s